Pendekatan Data Science terhadap Pemilu 2024: Memahami Persepsi Publik dan Tren Opini Politik
(1) Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Jawa Tengah, Indonesia
(2) Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Jawa Tengah, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
M. R. Ghufron, M. Farrih, M. Arsyada, M. R. Lukman, and K. Kunci, “Analisis Sentimen Pengguna Twitter Terhadap Pemilu 2024 Berbasis Model XLM-T,” no. 204, pp. 307–315, 2024.
F. M. Tamim, “Strategi Komunikasi Politik Partai Gerindra dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Pemilih Muda melalui Media Sosial Twitter pada Pemilu Tahun 2024,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 6, no. 10, pp. 8040–8046, 2023, doi: 10.54371/jiip.v6i10.3028
A. Try, J. Rizky, E. A. Harris, and Z. P. Soekarno, “Analisis Komunikasi Politik Prabowo Subianto Di Media Sosial Menjelang Kontestasi Pemilihan Presiden 2024,” Pros. Semin. Nas., pp. 673–680, 2023.
N. Faradis, N. Ainya, A. Fauzah, M. Ichsan, and A. Anshori, “Media Sosial dan Persepsi Publik: Analisis Strategi Kampanye Digital Calon Presiden Indonesia 2024,” Pros. Semin. Nas., pp. 643–652, 2023.
E. Talapessy and H. Hendry, “Analisis Node Dengan Metode Degree Centrality Dan Follower Rank Pada Tagar Twitter,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 9, no. 2, p. 367, Apr. 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i2.4053.
W. Kustiawan, N. W. Kartika, C. I. Kesuma, F. A. Silalahi, and A. M. Nasution, “Kampanye dalam Pemasaran Politik dan Brand Politik,” J. Ilmu Komputer, Ekon. dan Manaj., vol. 2, no. 1, pp. 959–964, 2022.
Rima Rismaya and Agus Nero Sofyan, “Interjeksi Dalam Komentar Terhadap Cuitan Akun Twitter @Asknonym: Kajian Morfologi,” Mabasan, vol. 14, no. 2, pp. 181–194, 2020, doi: 10.26499/mab.v14i2.354.
Anastas, “Analisis Jaringan dan Aktor # BatalkanOmnibusLaw di Media Sosial Twitter Menggunakan Social Network Analysis ( SNA ) topik popular yang berupa tagar pada Twitter adalah # BatalkanOmnibusLaw . # BatalkanOmnibusLaw yang ramai menjadi pembicaraan warganet se,” J. Media Commun. Sci., vol. 4, no. 3, pp. 135–148, 2021.
M. N. Ghiffari, A. Nurliana, and Girinoto, “Analisis Pola Penyebaran Informasi Insiden Kebocoran Data Melalui Pendekatan Social Network Analysis (SNA),” Info Kripto, vol. 17, no. 1, pp. 1–6, 2023, doi: 10.56706/ik.v17i1.71.
N. Nurrokhman, H. Dwi Purnomo, and K. Dwi Hartomo, “Utilization of Social Network Analysis (SNA) in Knowledge Sharing in College,” INTENSIF J. Ilm. Penelit. dan Penerapan Teknol. Sist. Inf., vol. 4, no. 2, pp. 259–271, 2020, doi: 10.29407/intensif.v4i2.14460.
I. S. Ardan, J. Sulastri, and A. Rakhmawati, “Analisis Performansi Entity Matching Dengan Fuzzy Wuzzy Pada Artikel Fairness Ai,” J. Teknoinfo, vol. 17, no. 2, pp. 548–556, 2023, [Online]. Available: https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index
E. Nurhazizah, R. N. Ichsan, and S. Widiyanesti, “Analisis Sentimen Dan Jaringan Sosial Pada Penyebaran Informasi Vaksinasi Di Twitter,” Swabumi, vol. 10, no. 1, pp. 24–35, 2022, doi: 10.31294/swabumi.v10i1.12474.
A. Kartino, M. Khairul Anam, Rahmaddeni, and Junadhi, “Analisis Akun Twitter Berpengaruh terkait Covid-19 menggunakan Social Network Analysis,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 5, no. 4, pp. 697–704, 2021, doi: 10.29207/resti.v5i4.3160.
E. G. Radjah, A. Iriani, and D. H. F. Manongga, “Analisis Terhadap Tagar #LGBT di Twitter Menggunakan Analisis Jaringan Sosial (SNA),” J. Media Inform. Budidarma, vol. 7, no. 1, pp. 300–311, 2023, doi: 10.30865/mib.v7i1.5476.
Y. D. P. Ariyanti, “Analisis Centrality Aktor pada Penyebaran Informasi Kuliner di Media Sosial dengan menggunakan Social Network Analysis,” J. Syst. Inf. Technol. Electron. Eng., vol. 2, no. 1, pp. 23–31, 2022.
DOI: https://doi.org/10.30645/kesatria.v5i3.437
DOI (PDF): https://doi.org/10.30645/kesatria.v5i3.437.g432
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published Papers Indexed/Abstracted By: