Kesiapan dan Dampak Penggunaan Teknologi Metaverse dalam Pendidikan
(1) Institut Teknologi dan Bisnis Sabda Setia, Indonesia
(2) Institut Teknologi dan Bisnis Sabda Setia, Indonesia
(3) Institut Teknologi dan Bisnis Sabda Setia, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Akbar Endarto, I., & Martadi. (2022). Analisis Potensi Implementasi Metaverse Pada Media Edukasi Interaktif. Jurnal Barik, 4(1), 37–51. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
Arifah, N. Z., Widiyatmoko, A., Pamelasari, S. D., & Town, G. (2022). Prinsip Pembelajaran Dengan Platform Gather Town. Prosiding Seminar Nasional IPA XII, 95–105.
AS, S., Mojibur Rohman, Purnomo, & Eddy Sutadji. (2022). Pengalaman Game Yang Menyenangkan Untuk Mengidentifikasi Tipe Dunia Metaverse Sebagai Model Pembelajaran Yang Inovatif. Steam Engineering, 4(1), 44–54. https://doi.org/10.37304/jptm.v4i1.4718
Bimrew Sendekie Belay. (2022). No Titleהכי קשה לראות את מה שבאמת לנגד העינים. הארץ, 2(8.5.2017), 2003–2005.
Hapidz, F., Akbar, F. M., Maulidi, W. K., Siburian, R. M., & Puspitasari, H. (2022). Pemberdayaan Teknologi Metaverse bagi Kelangsungan Dunia Pendidikan. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1738–1747.
Iswanto, Putri, N. I., Widhiantoro, D., Munawar, Z., & Komalasari, R. (2022). Pemanfaatan Metaverse Di Bidang Pendidikan. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi, 9(1), 44–52.
Journal, E., Silviyati, M., Ussolikhah, N., & Putri, V. D. (2022). Coution : Journal of Counseling and Education Dampak Negativ Verbal Bullying Bagi Siswa. 3, 128–134.
Karwanto, Haryono, B., Sari, S. Y., Setiyadi, B., Labuem, S., Ala, H. M., & Taib, E. N. (2016). Universalisme Dunia Metaverse.
M E T A V E R S E D A N P E M B E La J A R A N S E J A R A H K E B U D A Y A A N. (2022). 27–37.
Mulati, Y. (2023). Analisis Penggunaan Teknologi Metaverse terhadap Pembentukan Memori pada Proses Belajar. 8(2), 120–128.
Nizaruddin, Feriyanto, & Siyono. (2022). eBook - I - Akademisi dalam Pemanfaatan Metaverse.
Prihatmi, T. N., Istiqoma, M., & Anjarwati, R. (2022). Pembelajaran Speaking Berbasis Teknologi Bagi Pembelajar Dewasa. Prosiding SEMSINA, 3(2), 275–278. https://doi.org/10.36040/semsina.v3i2.5151
Setiawan, B., Rachmadtullah, R., Wasesa, A. J. A., & Wicaksono, J. W. (2022). Monograf Pembelajaran Interaktif Dengan Metaverse (Issue October). https://www.researchgate.net/publication/364825332
Snades, P., Interdisipliner, D. K., & Digital, E. (2022). pendidikan, pengalaman, tantangan. 24–30.
Susilawati, E., Badaru, B., Safrida, & Sauqi, A. (2022). eBook - E - Digitalisasi Era Metaverse.
Wijayanto, A. (2022). Sistem Informasi Dan Teknologi Digital Era Metaverse. https://files.osf.io/v1/resources/yrfmu/providers/osfstorage/6317621fe7f1b71e24aaeb15?action=download&direct&version=1
DOI: https://doi.org/10.30645/kesatria.v4i1.116
DOI (PDF): https://doi.org/10.30645/kesatria.v4i1.116.g110
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published Papers Indexed/Abstracted By: